PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT STIMULUS (PKMS) 2019 SEBAGAI WUJUD PELAKSANAAN SALAH SATU TRIDARMA PERGURUAN TINGGI DI UNIKA WIDYA MANDALA MADIUN

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, tugas dosen meliputi tridarma perguruan tinggi yang diantaranya berupa pengabdian kepada masyarakat. Salah satu pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen di Unika Widya Mandala Madiun, khususnya Prodi Pendidikan Matematika bekerjasama dengan Prodi Biologi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat Stimulus (PKMS) 2019 dengan judul  “Pembinaan Olimpiade Sains melalui Pemberdayaan Klub Matematika dan IPA bagi Siswa SMP di Kota Madiun”. Kegiatan  PKMS ini berlangsung setiap minggunya selama dua bulan April dan Mei 2019. Sasaran kegiatan PKMS 2019 ini adalah klub sains di SMP Negeri 3 Madiun khususnya bidang Matematika dan IPA.

Sebagai tim pelaksana PKMS 2019 ini terdiri dari dosen-dosen Unika Widya Mandala Madiun yaitu  Dr. Gregoria Ariyanti, S.Pd. sebagai ketua dan anggota tim terdiri dari Resty Rahajeng, M.Pd. (pendamping klub matematika) dan Angga Rahabistara, S.Si., M.Si.(pendamping klub IPA). Pemilihan SMP Negeri 3 Madiun sebagai mitra kegiatan PKMS 2019 dengan alasan bahwa di SMP Negeri 3 Madiun sudah memiliki klub sains tetapi pelaksanaannya belum optimal dan pada tahun-tahun sebelumnya, beberapa dosen Prodi Pendidikan Matematika sudah pernah membantu dalam pembinaan olimpiade matematika di SMP Negeri 3 Madiun tersebut.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh tim PKMS 2019, tidak hanya mendampingi siswa dalam penyelesaian persoalan matematika dan IPA, tetapi juga menyampaikan beberapa teknik penyelesaian soal, penyusunan buku panduan olimpiade sains dan juga pelatihan internet terkait sumber belajar lain di luar sekolah. Hal ini diperlukan, mengingat pada jaman sekarang ini dunia internet sudah menjangkau kalangan pelajar dan kadang siswa malah lebih paham tentang internet daripada guru mereka sendiri.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh tim pelaksana PKMS 2019 Unika Widya Mandala Madiun ini disambut baik oleh Kepala SMP Negeri 3 Madiun, Irawadi, S.Pd. Tentunya apa yang sudah diberikan oleh tim pelaksana PKMS 2019 ini diharapkan bermanfaat untuk siswa SMP Negeri 3 Madiun. Guru pendamping bidang matematika, Sri Sasmito Djati, S.Pd., berpendapat bahwa dengan kegiatan seperti ini, siswa mendapatkan pengalaman baru terkait sumber belajar dari internet. Demikian juga, salah satu guru pendamping bidang IPA, Dra. Puspito Setyarini, berharap bahwa kegiatan seperti ini dapat ditindaklanjuti untuk tahun-tahun berikutnya. Dengan adanya variasi pelaksanaan kegiatan klub sains ini, akan menjadi penyegaran dan memotivasi siswa yang tergabung dalam klub sains untuk tetap tekun dalam mempelajari Matematika dan IPA.  (Ria)

Leave a Reply

Your email address will not be published.